Hayyy guys kembali lagi di blog kesayangan umat manusia nih, hehhe. Jadi guys kali ini aku akan bahas tentang satu pilihan ide bisnis aku yang kalo blog sebelumya ada tiga ide bisnis aku, untuk kali ini aku pilih satu aja deh, biar fokus, hhehh. Kepoo kann????. yaudah langsung baca yahhh!!!
Jadi aku punya nama untuk
bisnisku yaitu KILLUA adalah usaha kecil skala rumah tangga dimana dalam usaha
ini aku akan menjual pulsa atau koata. Usaha ini akan dirintis oleh aku
sendiri yang berstatus sebagai mahasiswa dan aku menjalin kerja sama dengan
pacar aku . Ide bisnis ini muncul lantaran adanya pandemi Covid-19 yang mewabah
diberbagai penjuru dunia. Akibatnya semua jenjang pendidikan di liburkan dan di
ganti dengan kelas online di rumah. Dimana artinya semua orang emmbutuhkan
koata atau pulsa internet untuk dapat mengakses pembelajaran.
Apabila kita melihat dunia pasar,
sudah banyak pebisnis lain yang menjual koata . Modal awal usaha KILLUA adalah
Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), sebenarny abisa berapa aja,
asal ga seribu yah wwwkk. Untuk pemasaran kami akan menggunakan sistem online saja
yakni menggunakan Instagram, Facebook, Shopee dan Tokopedia.
Sebelum memulai bisnis, kami akan
membuat rancangan atau struktur bisnis menggunakan 9 elemen Business Model
Canvas (BMC) dengan uraian sebagai berikut:
1. Customer Segments (Segmen
Pelanggan)
Target konsumen adalah semua
kalangan pelajar / mahasiswa atau orang dengan profesi lain.
2. Value Preposition (Preposisi
Nilai)
Nilai jual produk kami yang
berbeda dengan produk lainnya adalah:
1. Pulsa atau koata yang kami
jual lebih efisien
2. Harga terjangkau;
3. Mudah untuk melakukan
pembelian
4. Tersedia untuk semua Operator
3. Customer
Relationship (Hubungan Pelanggan)
Berikut cara kami yang paling
efektif untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen adalah:
1. Memberikan diskon 5% diatas pembelian 100 rb.
2. Buy 100 rb get 50 rb untuk
setiap konsumen yang sedang ulang tahun.
4. Channels (Jalur)
Pemasaran produk kami akan
menggunakan sistem online yakni melalui Instagram, Facebook, Shopee
dan Tokopedia.
5. Key Activities (Kegiatan
Utama)
Dalam upaya meningkatkan performa
usaha, kami melakukan beberapa hal berikut ini:
1. Memberikan layanan terbaik,
ramah dan cepat;
2. Menggunakan gudget untuk semua
proses;
3. Tersedeia Jenis Pulsa untuk semua operator
6. Key Resources (Sumber
Daya Utama)
Sumber Daya yang kami rencanakan
adalah:
1. Teknik penjualanan online dengan
desain grafis yang menarik;
2. Menggunakan gudget;
7. Key Partners (Mitra
Utama)
Partner kerja yang akan
mendukung usaha kami adalah:
1. Beberapa platform seperti Instagram,
Facebook, Shopee dan Tokopedia;
2. Influencer yang akan
kami endorse;
8. Cost Structure (Struktur
Biaya)
Struktur biaya tentang perkiraan
biaya yang akan kami gunakan untuk 1 kali produksi ditinjau dari beberapa hal
dibawah ini:
1.Biaya Internet Untuk Promosi
9. Revenue Streams (Aliran
Pendapatan)
Hal yang akan kami lakukan untuk
tetap mempertahankan pendapatan adalah dengan menggunakan 2 sistem produksi:
1.Make to stock (MTS) dimana kami akan
menyediakan pulsa atau koata sebelum ada pembelian
Gimana???? Bagus kan bisnis aku. Sekarang giliran kalian guyys buat bisnis. Biar tetap Produktif nihhh. Yaudah Segitu dulu yah. Sampai ketemu diBlog aku Selanjutnya.. Daahh See You
https://drive.google.com/file/d/10pMHqhNHCyYq1MN2MabN1maxS3E31_02/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/10pMHqhNHCyYq1MN2MabN1maxS3E31_02/view?usp=sharing
No comments:
Post a Comment