Hay leader, kali ini saya akan menulis tentang cara Untuk menentukan
harga jual dari sebuah produk entah itu berupa barang ataupun jasa bukanlah hal
yang mudah. Bila salah dalam mengambil keputusan maka resikonya usaha anda akan
gulung tikar.
Dengan susah payah mendirikan
usaha tersebut namun dengan begitu mudahnya akan hancur hanya dengan satu
kesalahan yaitu penentuan harga. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda
lakukan untuk menentukan harga supaya tidak terjadi kesalahan.
Namun tidak semua cara
tersebut bisa anda terapkan dalam berbagai jenis produk yang akan dijual.
Beberapa faktor yang seringkali menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan
harga produk adalah mengamati harga yang sudah eksis atau milik pesaing.
Pada
umumnya ada dua hal penting yang harus anda perhatikan yaitu:
1.Jangan
menetapkan harga terlalu rendah untuk
setiap produknya, karena anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan
keuntungan.
Bagaimana
mungkin usaha yang anda dirikan akan terus berjalan tanpa mendapatkan laba dari
penjualan yang anda lakukan.
Selain
itu dengan menetapkan harga yang rendah pada produk, akhirnya akan mempengaruhi
kegiatan produksi usaha itu sendiri. Tidak jarang para pengusaha menerapkan
strategi ini hanya demi mendapatkan pelanggan yang banyak dan bisa meningkatkan
penjualan, namun justru hasil yang minim bisa didapatkan.
2.Jangan
menetapkan harga yang terlalu tinggi.
Karena biasanya konsumen sangat rentan terhadap harga dan tidak segan untuk
meninggalkan usaha anda untuk memilih produk milik pesaing yang mereka anggap
lebih murah.
Jadi
sebelum menetapkan harga jual produk sebaiknya dilihat terlebih dahulu daya
beli konsumen yang menjadi target anda, jika mereka memiliki daya beli yang
tinggi maka akan aman aman saja jika menetapkan harga yang tinggi.
Yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga
Berikut
ini ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan harga jual
produk diantaranya adalah:
1. Menentukan berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari
produk tersebut
Tetapkan
target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini
bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh
yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta laba atau
keuntungannya.
Tidak
jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat penjualan itu
dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang menentukan
adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen terhadap
produk.
2. Menentukan prioritas usaha
Dengan
menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga jual
produk.
Selain
itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga
keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.
Namun sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda.
Jangan ketika usaha telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan
kualitas produk yang dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh
para pelanggan, karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.
3. Mempertimbangkan kemampuan konsumen
Dalam menentukan harga jual
produk, sebuah perusahaan tidak semata mata menetapkannya, akan tetapi mereka
perlu melakukan berbagai pertimbangan salah satunya mengenai kemampuan atau
daya beli konsumen.
Semakin anda tahu keadaan
konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda pun juga akan semakin tahu
berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk setiap produknya.
Alangkah lebih baik anda melakukan survey berdasarkan demografi
sehingga bisa mendapatkan gambaran harga yang bisa ditetapkan.
4. Biaya produksi
Dengan menghitung besaran
biaya produksi yang telah anda keluarkan disertai dengan target keuntungan yang
ingin anda peroleh maka anda bisa menentukan besaran harga jual setiap
produknya.
Ingat ya kalau yang namanya
biaya produksi itu bukan hanya biaya yang telah terlihat saja melainkan seluruh
biaya yang telah anda keluarkan selama proses produksi.
5. Sesuai dengan target awal
Untuk bisa menetapkan harga
produk hal yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai target
pendapatan yang ingin anda peroleh.
Faktor faktor lain yang harus
anda pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan biaya promosi.
6. Mengetahui
harga kompetitor
Nah, hal lain yang perlu anda
jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah dengan
mengetahui harga produk dari kompetitor anda.
Apakah harga yang mereka
tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda bisa menjadikannya
sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.
Dan perhatikan juga apakah
produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika dibandingkan dengan produk
pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda bisa menambahkannya sebagai
nilai plus dari produk anda.
7. Monitor harga
Setelah menetapkan harga
produk yang tepat maka langkah final adalah memonitor harga tersebut secara
terus menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa
melihat berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
Menentukan
harga jual produk itu sangat penting leader agar tidak terjadi kerugian. Memang
harus diperhatikan dalam berwirausaha. Semoga tulisan saya bermanfaat yahh.
Dendy
Diantana
No comments:
Post a Comment